Tips Menjaga Kesehatan Alat Reproduksi

Menjaga kesehatan reproduksi wanita sangat dibutuhkan dan sangat penting untuk wanita. Karena jika tidak dijaga dengan baik, maka akan menimbulkan penyakit keputihan Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan alat reproduksi :

1. Perhatikan Cairan Vagina

Cairan vagina yang dimiliki oleh setiap perempuan, terutama yang telah mengalami menstruasi. Bentuk cairan ada yang kental dan ada yang cair. Bila cairan itu berwarna bening, cair dan tidak beraroma, tandanya vagina anda sehat. Namun bila cairan itu mengental, berwarna kuning, hijau atau pekat dan beraroma, besar kemungkinan vagina anda mengalami infeksi.

2. Lakukan Pemeriksaan Rutin

Raba dan perhatikan vagina. Bila ada benjolan pada bagian-bagian tertentu, segera periksakan diri ke dokter. Bisa saja terjadi penyumbatan pada saluran disebabkan karena infeksi. Perhatikan dengan menggunakan cermin, kelebihan berat tubuh dapat mempengaruhi warna pada vagina, demikian juga dengan bertambahnya usia. Semakin gemuk, semakin meningkatnya usia, warna vagina akan semakin gelap.

3. Perhatikan Saat Membersihkan

Membersihkan vagina perlu menggunakan trik khusus agar kuman yang ada dibagian belakang dekat anus tidak pindah ke depan. Akan lebih baik jika anda membrsihkan vagina dari bagian depan ke belakang. Jangan melakukannya berulang-ulang, karena tetap saja kuman dapat pindah. Bila ingin mengulangnya, cuci tangan beberapa kali baru melakukannya sekali lagi. Demikian juga saat mengeringkannya. Lakukan dengan menggerakan tangan  dari bagian depan ke belakang dan bila ingin mengulanginya lagi, lipat kain pengeringnya agar tidak mengulang di tempat yang sama.

4. Lakukan Seks Yang Cerdas

Anda perlu tahu secara detail dan mendalam siapa pasangan intim anda. Saat anda berhubungan seksual pun, anda harus tahu bagaimana kondisi anda. Sekalipun kondisi baik, bisa jadi anda dan pasangan anda sedang mengalami infeksi menular seksual. Untuk itu sebaiknya rutin memeriksakan diri dan pasangan ke dokter kesehatan organ reproduksi anda.

5. Jangan Obati Sendiri

Bila anda mengalami gejala-gejala infeksi pada vagina, jangan langsung mengobati sendiri dengan membeli obat bebas di apotek. Anda lebih baik pergi dan periksa ke dokter agar dapat membedakan diagnosis yang tepat. Jangan sembarangan mengonsumsi obat tanpa petunjuk dokter bila tidak ingin mengalami efek samping yang justru merugikan diri sendiri.

Jangan menyepelekan kebersihan organ reproduksi wanita, karena hal ini merupakan hal yang sensitf. Jadi mulailah belajar cara untuk menjaga dan membersihkan vagina Anda, agar vagina selalu bersih, sehat, kesat dan harum sepanjang hari.


=====================================

>>> Gunakan Majakani Extract Intimate Hygiene Dr.Boyke Untuk Pembersih Vagina (Daerah Kewanitaan) dari Keputihan, Bau Tidak Sedap dan Gatal-gatal pada Organ Intim Wanita. Produk Herbal dan Laris, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Cara Membersihkan Vagina and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>