Keputihan Wanita

Menjadi cantik luar dan dalam pastinya sangat diidamkan oleh setiap wanita. Salah satu masalah kesehatan reproduksi yang banyak dikeluhkan ialah masalah keputihan, yang tak jarang sangat mengganggu hingga menyebabkan ketidaknyamanan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Diperkirakan sebanyak 75 % wanita di Indonesia pernah mengalami keputihan minimal 1 kali dalam hidupnya. Keputihan wanita selalu menjadi hal yang diresahkan oleh banyak wanita.

Keputihan ( leukorrhea, vaginal discharge ) keluarnya sekret atau cairan dari vagina. Sekret tersebut dapat bervariasi dalam konsistensi, warna dan bau, Keputihan dapat merupakan suatu keadaan yang normal (fisiologis) atau sebagai tanda dari adanya suatu penyakit ( patologis ).

Keputihan yang normal biasanya berwarna atau bening, tidak berbau, tidak berlebihan dan tidak menimbulkan keluhan. Sedangkan keputihan yang tidak normal biasanya berwarna kuning atau hijau atau keabu-abuan, berbau amis atau busuk, jumlah banyak menimbulkan keluhan seperti gatal dan rasa terbakar pada daerah intim.

Vagina memiliki mekanisme perlindungan terhadap infeksi. Kelenjar pada vagina dan serviks atau leher rahim menghasilkan sekret yang berfungsi sebagai sistem perlindungan alami dan sebagai lubrikan mengurangi gesekan dinding vagina saat berjalan dan saat berhubungan seksual. Jumlah sekret atau cairan yang dihasilkan tergantung dari masing-masing wanita. Dalam keadaan normal terkadang jumlah sekret atau cairan dapat meningkat seperti saat menjelang ovulasi, stress emosional dan saat terangsang secara seksual. Selain itu, terdapat flora normal basil doderlein yang berfungsi dalam keseimbangan ekosistem pada vagina sekaligus membuat lingkungan bersifat asam ( pH 3.8 – 4.5 )

Ada banyak penyebab dari keputihan wanita namun paling sering disebabkan oleh infeksi jamur candida, bakteri dan parasit seperti trikomonas yang menyebabkan peradangan pada vagina dan sekitranya. Keputihan yang berwarna kuning atau hijau atau keabu-abuan atau coklat, berbau tidak enak, jumlah banyak dan menimbulkan keluhan seperti gatal dan rasa terbakar pada daerah intim.


=====================================

>>> Gunakan Majakani Extract Intimate Hygiene Dr.Boyke Untuk Pembersih Vagina (Daerah Kewanitaan) dari Keputihan, Bau Tidak Sedap dan Gatal-gatal pada Organ Intim Wanita. Produk Herbal dan Laris, Klik Detail Disini!
=====================================
This entry was posted in Cara Membersihkan Vagina and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>